Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Adab Yang Buruk, Diajak Ngobrol Lihatnya Handphone






Oleh Ustadz Berik Said hafidzhahullah

Kamu pernah tidak punya teman saat sedang kau ajak ngobrol, eh dia lebih fokus pada gadgetnya (Hp dan sebagainya) dan terkesan tidak fokus pada apa yang sedang kamu sampaikan ? Nah jika kamu mendapati teman yang demikian ada baiknya kamu jelaskan penjelasan ini.

Ibnu ‘Abbas radhiallahu ‘anhu mengisahkan:

إنّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اتَّخَذَ خَاتَمًا فَلَبِسَهُ قَالَ: شَغَلَنِي هَذَا عَنْكُمْ مُنْذُ الْيَوْمَ إِلَيْهِ نَظْرَةٌ وَإِلَيْكُمْ نَظْرَةٌ ثُمَّ أَلْقَاهُ

"Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam membuat cincin dan memakainya". Kemudian beliau bersabda: "Sejak hari ini cincin ini telah menyibukkan aku dari kalian, aku melihat kepadanya dan melihat kepada kalian. Setelah itu beliau membuangnya". [HR. An Nasa’i 5304. Kata Syaikh Muqbil dalam As-Shahihul Musnad 621, Shahih. Kata Al Albani dalam Takhrij Misykatul Mashabih 4331, Shahih]

Atas dasar ini seorang Ulama besar bernama Hasan Al-Bashri rahimahullah pernah menasehati:

إذا جالست فكن على أن تسمع أحرص منك على أن تقول , و تعلم حسن الاستماع كما تتعلم حسن القول , و لا تقطع على أحد حديثه

"Apabila engkau sedang duduk berbicara dengan orang lain, hendaknya engkau bersemangat mendengar melebihi semangat engkau berbicara. Belajarlah menjadi pendengar yang baik sebagaimana engkau belajar menjadi pembicara yang baik. Dan janganlah engkau memotong pembicaraan orang lain". (Al-Muntaqa hal. 72)

Ibnu Abbas radhiallahu 'anhu juga berkata:

لجليسي عليَّ ثلاثٌ : أن أَرميه بطَرفي إذا أقبل و أن أُوِّسعَ له في الَمجلس إذا جلس , و أن أصغي إليه إذا تحدث

"Teman dudukku (teman bicara) mempunyai tiga hak yang menjadi kewajibanku, aku arahkan pandanganku padanya jika berbicara, aku luaskan tempat duduknya jika ia akan duduk, aku dengarkan seksama jika ia berbicara". (‘Uyuunul Akhbaar 1/307)

Maka, jika ada yang sedang mengajak ngobrol, jangan malah fokus dengan gadget/handphonemu, hendaknya memperhatikan dan mendengarkan teman bicaramu.

وبالله التوفيق وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم

______
Mau dapat Ilmu ?
Mari bergabung bersama GROUP MANHAJ SALAF

Group WhatsApp: wa.me/6289665842579

Share, yuk! Semoga saudara² kita mendapatkan faidah ilmu dari yang anda bagikan dan menjadi pembuka amal² kebaikan bagi anda yang telah menunjukkan kebaikan. آمِينَ.

Posting Komentar untuk "Adab Yang Buruk, Diajak Ngobrol Lihatnya Handphone"