Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Haram Menjual Rokok

 


Fatwa Lajnah Daimah (13/75)

يحرم بيع الدخان ، لخبثه وأضراره الكثيرة ، وفاعل ذلك يعد فاسقا

"Haram menjual rokok disebabkan banyaknya kejelekan dan mudharatnya. Penjualnya terhitung sebagai orang yang fasiq".

Fatwa Lajnah Daimah 13/63

الدخان مادة خبيثة مضرة ، ولا يجوز شربه ولا يجوز بيعه ، لأن الله إذا حرم شيئا حرم ثمنه ، والواجب عليك التوبة من بيعه والاقتصار على بيع الأشياء المباحة ، وفيها خير وبركة ، ومن ترك شيئا لله عوضه الله خيرا منه

"Rokok adalah zat yang merusak dan membahayakan, tidak boleh menghisapnya dan menjualnya, karena jika Allah telah mengharamkan sesuatu maka haram pula memperdagangkannya. Wajib bagimu untuk bertaubat kepada Allah yang telah menjualnya dan membatasi dengan menjual hal-hal yang mubah saja yang terdapat kebaikan dan keberkahan padanya. Barangsiapa yang meninggalkan sesuatu karena Allah, maka akan Allah menggantinya dengan yang lebih baik dari itu."

Berkata Syaikh Ibnu Utsaimin rahimahullah:

لا يجوز للإنسان أن يبيع الدخان ، لأن الدخان محرم ، وإذا حرم الله شيئاً حرم ثمنه ، ولأن بيعه من باب التعاون على الإثم والعدوان

"Tidak boleh bagi seseorang menjual rokok, dikarenakan merokok itu haram hukumnya. Apabila Allah telah mengharamkan sesuatu, maka haram pula memperjual belikannya. Dan juga, menjualnya merupakan perbuatan tolong menolong dalam dosa dan permusuhan". (Al-Liqo' Asy-Syar'i 22/57)

_______
Mau dapat Ilmu ?
Mari bergabung bersama GROUP MANHAJ SALAF

Group WhatsApp: wa.me/6289665842579

Share, yuk! Semoga saudara² kita mendapatkan faidah ilmu dari yang anda bagikan dan menjadi pembuka amal² kebaikan bagi anda yang telah menunjukkan kebaikan. آمِينَ.

Posting Komentar untuk "Haram Menjual Rokok"