Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Salafi Dengan Wahabi Itu Berbeda

 


Tanya: Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Mengapa banyak sekali yang mengatakan "Salafy itu wahabi", sebenarnya wahabi itu apa ustadz? Syukron.

Jawab: Wa'alaikumussalam warohmatullah wabarakatuh. Salafy adalah orang yang mengikuti cara beragama Salaf baik dalam aqidah, ibadah, akhlaq, muamalah, jihad, amar ma'ruf nahi munkar, serta al-wala' wal baro'.  Salaf adalah ringkasan dari kata "Salafus Sholih" yaitu "para pendahulu yang sholih" dari kalangan shahabat Nabi, tabi'in, tabi'ut tabi'in. 

Ketiga generasi ini yang telah Allah puji keimanan mereka di dalam Al-Qur'an dan juga dipuji oleh Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam di dalam As-Sunnah dan kaum muslimin diperintah mengikuti jalan mereka karena keislaman mereka yang paling murni dan paling bersih dari berbagai macam polusi pemikiran.

Ringkasnya, Salafy adalah orang yang mengikuti para Salaf dalam berislam. Salafy bukan organisasi, bukan kelompok yang di dalamnya ada anggota dan ketua, bukan pula orang yang menisbatkan dirinya kepada Syaikh tertentu, Ustadz tertentu, ataupun harokah (pergerakan) tertentu di dalam beragama. 

Adapun "Wahhabi" adalah stigma negatif yang dilontarkan orang-orang belakangan terhadap dakwah yang mengajak kembali kepada kemurnian tauhid dan sunnah Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam. Mereka berang apabila kebiasaan masyarakat yang sangat kental dengan tradisi syirik dan bid'ah yang sudah mendarah daging itu dikritik.

Maka istilah Wahabi sebetulnya label yang sengaja dicuatkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab agar manusia lari dari dakwah tauhid dan sunnah. Umat Islam dilarang kritis dan dikukuhkan status kebodohannya. Padahal mengamalkan tauhid dan sunnah adalah penopang utama bagi kekuatan iman mereka.

Apabila label Wahabi itu dinisbatkan kepada sosok yang bernama Syaikh Muhammad bin Abdil Wahhab, maka sesungguhnya beliau juga salah seorang Ulama Ahlussunnah yang mengikuti para Salaf. Beliau tidak pernah membuat madzhab baru seperti yang dituduhkan, beliau hanya mengajak manusia kepada kemurnian tauhid dan pengamalan sunnah Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam yang mulia. Jika mau berlaku adil, silakan Anda baca karya-karya beliau yang sudah banyak dicetak dan tersebar luas.

Oleh Ustadz Fikri Abul Hasan hafidzhahullah
_______
Mau dapat Ilmu ?
Mari bergabung bersama GROUP MANHAJ SALAF

Group WhatsApp: wa.me/6289665842579

Share, yuk! Semoga saudara² kita mendapatkan faidah ilmu dari yang anda bagikan dan menjadi pembuka amal² kebaikan bagi anda yang telah menunjukkan kebaikan. آمِينَ.

Posting Komentar untuk "Salafi Dengan Wahabi Itu Berbeda"