Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aqidah & Manhaj -Kaidah Yang Ke 32-



Wajibnya memperingatkan ummat dari kesesatan para pemimpin-pemimpin kebid’ahan.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

وَمِمَّنْ خَلَقْنَا أُمَّةٌ يَهْدُونَ بِالْحَقِّ وَبِهِ يَعْدِلُونَ

“Dan diantara manusia yang kami ciptakan adalah ummat yang memberikan hidayah dengan kebenaran dan dengannya juga mereka bersikap adil.“ (QS. Al-A'raf: 181)

Artinya, seakan beliau (Syaikh Al Ubailaan) mengisyaratkan bahwa mentahzir, memperingatkan manusia dari bahaya kesesatan pemimpin-pemimpin kebid’ahan itu termasuk memberikan hidayah kepada kebenaran, namun tentunya dengan sikap adil, bukan dengan sikap yang berlebihan.

Allah Subhanahu wa Ta’ala juga dalam Al-Qur’an mentahzir, memperingatkan akan orang-orang yang menyesatkan.

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman, contohnya dalam QS. At Taubah: 34

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا إِنَّ كَثِيرًا مِنَ الْأَحْبَارِ وَالرُّهْبَانِ لَيَأْكُلُونَ أَمْوَالَ النَّاسِ بِالْبَاطِلِ وَيَصُدُّونَ عَنْ سَبِيلِ اللَّهِ

“Hai orang-orang yang beriman sesungguhnya banyak dari para Pendeta dan Rahib-Rahib yang makan harta manusia dengan kebathilan dan menghalangi manusia dari jalan Allah Subhanahu wa Ta’ala“

Disini Allah memperingatkan bahwa kebanyakan para Pendeta dan para Rahib-Rahib Yahudi dan Nasrani itu, mereka suka memakan harta manusia dengan bathil. Disini Allah memperingatkan agar kita ummat Islam tidak mencontoh mereka, dan agar kita tidak menjadi orang-orang yang memakan harta manusia dengan bathil.

Berkata Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullah: “Seperti para pemimpin kebid’ahan dari orang-orang yang menyelisihi Al-Qur’an dan Sunnah atau orang-orang yang membuat ibadah-ibadah yang menyelisihi Al-Qur’an dan Sunnah.”

Maka menjelaskan keadaan mereka dan mentahzir ummat dari mereka itu wajib, dengan kesepakatan kaum muslimin. Sampai-sampai dikatakan kepada Imam Ahmad bin Hambal, “...bagaimana orang yang berpuasa dan shalat dan ber’itikaf. Apakah itu lebih engkau cintai? Atau engkau berbicara tentang para ahli bid’ah?…” Kata Imam Ahmad, “…apabila ia berpuasa, ia shalat, ‘itikaf itu untuk dirinya. Dan apabila ia berbicara tentang ahli bid’ah maka itu untuk kebaikan kaum muslimin lebih utama...” kata Imam Ahmad bin Hambal.

Maka disini beliau menjelaskan bahwa manfaatnya untuk kaum muslimin besar. Namun tentunya yang perlu diperhatikan dalam masalah ini juga dalam masalah tahzir mentahzir hendaknya:

1. Orang yang mentahzir itu ikhlas karena Allah bukan karena mengharapkan kemasyuran atau karena takut ditahzir orang.
2. Hendaknya dia melihat maslahat dan mudharat.

Dizaman sekarang seperti di negri kita ini, ketika kita mentahzir seseorang, akhirnya orang itu malah masyur dikalangan manusia. Akhirnya malah banyak orang yang mengikuti dia. Maka kalau ternyata hal seperti ini, keadaanya seperti itu, maka tidak disyari’atkan, kenapa?

Karena ternyata mudharatnya jauh lebih besar, maka kita sebatas membantah pendapat-pendapatnya secara ilmiah, itu tidak mengapa. Atau kita menyebutkan nama dia sambil kita mengkritik pendapat-pendapatnya yang nyeleneh dengan secara ilmiah, itupun silakan, kalau memang maslahatnya jauh lebih besar.

Demikian pula kewajiban kita adalah niatnya untuk menasehati ummat. Kemudian kita juga berusaha untuk mendo’akan agar orang yang di tahzir ini mendapatkan hidayah. Dan kemudian, jangan serampangan dalam mentahzir, karena berapa banyak dizaman ini serampangan dan sangat mudah. Hanya karena kesalahan-kesalahan yang sifatnya Ijtihadiyah, yang ia pandang rajih, lalu ia tahzir orang lain. Padahal itu masalah-masalah yang sifatnya Ijtihadiyah. Seperti menghukumi suatu yayasan apakah itu Hizbi atau tidak. Itu sifatnya Ijtihadi yang tentunya kita tidak boleh, gara-gara itu kemudian kita berpecah belah. Seperti yang terjadi dizaman sekarang, serampangan dalam tahzir mentahzir. Wallahu a’lam

Dari buku yang berjudul “Al Ishbaah Fii Bayani Manhajis Salaf Tarbiyati wal Ishlah“, tentang Manhaj Salaf Dalam Masalah Tarbiyah dan Perbaikan, ditulis oleh Syaikh Al Ubailaan حفظه الله تعالى.

Oleh Ustadz Abu Yahya Badrusalam Lc, حفظه الله تعالى

🔰 @Manhaj_salaf1

•┈┈•••○○❁🌻💠🌻❁○○•••┈┈•

Mau dapat Ilmu ?
Mari bergabung bersama GROUP MANHAJ SALAF

📮 Telegram     : http://t.me/Manhaj_salaf1
📱 Whatshapp : 089665842579
🌐 Web              : dakwahmanhajsalaf.com
📷 Instagram   : bit.ly/ittibarasul1
🇫 Fanspage     : fb.me/ittibarasul1

Share, yuk! Semoga saudara² kita mendapatkan faidah ilmu dari yang anda bagikan dan menjadi pembuka amal² kebaikan bagi anda yang telah menunjukkan kebaikan. آمِينَ.

Posting Komentar untuk "Aqidah & Manhaj -Kaidah Yang Ke 32-"