Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hinanya Kesyirikan



Oleh Ustadz Abu Abd rahman bin Muhammad Suud Al Atsary hafidzahullah

Menyibak fenomena kesyirikan pada sebagian kaum muslimin dengan dalih menghidupkan tradisi.

Allah Ta'ala berfirman:

يٰصٰىحِبَىِ السِّجْنِ ءَأَرْبَابٌ مُّتَفَرِّقُونَ خَيْرٌ أَمِ اللَّهُ الْوٰحِدُ الْقَهَّارُ مَا تَعْبُدُونَ مِنْ دُونِهِۦٓ إِلَّآ أَسْمَآءً سَمَّيْتُمُوهَآ أَنْتُمْ وَءَابَآؤُكُمْ مَّآ أَنْزَلَ اللَّهُ بِهَا مِنْ سُلْطٰنٍ  ۚ إِنِ الْحُكْمُ إِلَّا لِلَّهِ  ۚ أَمَرَ أَلَّا تَعْبُدُوٓا إِلَّآ إِيَّاهُ  ۚ ذٰلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ وَلٰكِنَّ أَكْثَرَ النَّاسِ لَا يَعْلَمُونَ.

"(Yusuf berkata) wahai teman se penjara, apakah Rabb-Rabb yang bermacam-macam itu lebih baik dari Allah yang Esa lagi Perkasa? Apa yang kalian sembah selain-Nya, tidaklah kecuali nama-nama yang kalian dan nenek moyang kalian buat-buat, Allah tidak menurunkan keterangan dari hal itu, menetapkan satu hal itu tidak ada yang berhak kecuali Allah, Dia telah memerintahkan agar kalian tidak beribadah kecuali kepada-Nya, inilah agama yang tegak itu, namun kebanyakan manusia tidak mengetahuinya". (QS. Yusuf: 39-40)

Syaikh Abdurrahman bin Nasir bin Abdillah As Sady rahimahullah menjelaskan:

ا ارباب عاجزة ضعيفة لا تنفع و لا تضر و لا تعطي و لا تمنع و هي متفرقة ما بين اشجار و احجار و ملائكة و اموات و غير ذلك من أنواع المعبودات التي يتخذها المشركون.

Apakah Rabb-Rabb yang lemah, tidak berdaya, tidak bisa memberi manfaat, tidak bisa mendatangkan keburukan, tidak bisa memberi, tidak mampu menahan, sedangkan mereka bentuknya bermacam-macam dari pohon, batu, Malaikat, orang mati yang telah dikubur, dan lainnya, dari macam-macam sesembahan yang diyakini orang Musyrik?

Lalu beliau melanjutkan:

فإن الفرق بين عباذة الله وحده لا شريك له و بين الشرك به اظهر الأشياء و ابينها ، و لكن لعدم العلم من أكثر الناس بذلك ، حصل منهم ما حصل من الشرك.

"Perbedaan antara-antara peribadatan kepada Allah yang Esa dan tiada sekutu bagi-Nya dengan perbuatan Syirik adalah perkara yang jelas dan begitu terang, namun karena tidak adanya ilmu dikebanyakan manusia tentang hal ini (Tauhid dan Syirik), maka terjadilah apa yang terjadi dari perbuatan Syirik". (Lihat lebih jelasnya di kitab Taisir Karimir Rahman Fi Tafsir Kalami Manan surah 12 ayat 39-40. Halaman 409. Cetakan Darul Alamiyah Mesir)

Berawalnya tulisan ini, terkait ucapan seorang tokoh agama disebuah masjid, dengan suara melalui speaker yang cukup keras dimalam Maulid Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam dan dibarengkan dengan acara Haul.

"Sak niki mboten wonten nami-nipun Syirik, mboten wonten nami-nipun bid'ah, wong khol di warah Syirik, wong Maulid Nabi, di warah bid'ah, anak e wong payan, ae di ulang tahun-i, mosok kanjeng Nabi orah" (sekarang tidak ada yang namanya Syirik dan tidak ada yang namanya bid'ah. Orang ngadakan Haul dibilang Syirik, Orang adakan Maulid Nabi dibilang bid'ah, anaknya orang payan (payan, sebuah dusun di Sedati, Sidoarjo) saja diulang tahun-i, masak Nabi tidak).

Sebuah ungkapan dan ucapan yang jauh dari Ilmu. Bila taraf Kyai seperti itu, yakni bicara tanpa ilmu, lalu bagaimana dengan ummatnya? Sedang Allah Subhanahu wa Ta'ala menjelaskan sebagian manusia jatuh pada kesyirikan:

وَيَعْبُدُونَ مِنْ دُونِ اللَّهِ مَا لَا يَضُرُّهُمْ وَلَا يَنْفَعُهُمْ وَيَقُولُونَ هٰٓؤُلَآءِ شُفَعٰٓؤُنَا عِنْدَ اللَّهِ  ۚ قُلْ أَتُنَبِّئُونَ اللَّهَ بِمَا لَا يَعْلَمُ فِى السَّمٰوٰتِ وَلَا فِى الْأَرْضِ  ۚ سُبْحٰنَهُۥ وَتَعٰلٰى عَمَّا يُشْرِكُونَ.

"Dan mereka mengibadahi selain Allah apa yang tidak bisa mendatangkan keburukan dan manfaat, dan mereka berkata, inilah pemberi syafaat untuk kami di sisi Allah, apakah kalian akan mengajari Allah tentang sesuatu yang tidak diketahui-Nya dari apa yang ada di langit dan bumi?, maha suci Dia dan maha tinggi dari apa yang mereka persekutukan". (QS. Yunus: 18).

Lalu dikatakan, hari ini tidak ada kesyirikan? Tentu satu ucapan dusta.

Kami (Abu Abd rahman) kutip dari buku fakta baru Wali Songo. Bausquet dalam tulisannya tahun 1938, berkata: "Singkatnya, dibawah baju berlubang-lubang Islam, tampak badan Animisme, sedikit ke hinduan, yang bagi rakyat merupakan agama mereka yang sejati, Islam indonesia mempunyai corak yang sangat menyimpang dari Islam biasa". (Lihat Agama asli Indonesia /Oleh Jam bakker, sj /184. Fakta baru Wali Songo 268)

Wahai para Kyai, para Ulama, dan Ustadz, kewajibanmu adalah menerangkan dengan jelas, agama Allah yang hanif. Jangan karena kepentingan, kalian sembunyikan kebenaran. Bahkan kalian adalah orang yang pertama yang menganjurkan kesyirikan dan bid'ah. Seruan-seruan pada kejahiliyaan dan kesyirikan melalui seruan untuk kembali pada agama Nusantara, adalah bentuk pemurtadan gaya baru.

Bila misi dan zending, berupa memurtadkan kaum muslimin kepada kekafiran Kristen. Maka upaya untuk mengajak pada tradisi, dan agama Nusantara, adalah upaya sistematis untuk memurtadkan kaum muslimin kepada agama asli indonesia, yang tidak lain kejahiliyaan lama berupa Animisme dan kesyirikan.

فَاعْبُدُوا مَا شِئْتُمْ مِّنْ دُونِهِۦ  ۗ قُلْ إِنَّ الْخٰسِرِينَ الَّذِينَ خَسِرُوٓا أَنْفُسَهُمْ وَأَهْلِيهِمْ يَوْمَ الْقِيٰمَةِ  ۗ أَلَا ذٰلِكَ هُوَ الْخُسْرَانُ الْمُبِينُ.

"Maka sembahlah sesuka kalian apa yang kalian inginkan selain-Nya (bila memang kalian tidak nurut dengan nasehat), katakan, sesungguhnya orang-orang yang rugi, adalah orang yang merugikan dirinya dan keluarganya (karena ajakannya) pada hari kiamat, ketahuilah, itulah kerugian yang jelas". (QS. Az Zumar: 15).

Bertaqwalah wahai para pengemban agama. Ditangan kalian baik buruknya ummat. Perbaiki ummat ini, jangan malah dihasung pada kesyirikan dan bid'ah.

🔰 @Manhaj_salaf1

•┈┈•••○○❁🌻💠🌻❁○○•••┈┈•

Mau dapat Ilmu ?
Mari bergabung bersama GROUP MANHAJ SALAF

📮 Telegram : http://t.me/Manhaj_salaf1
📱 Whatshapp : 089665842579
🌐 Web : dakwahmanhajsalaf.com
📷 Instagram : bit.ly/ittibarasul1
🇫 Fanspage : fb.me/ittibarasul1

Share, yuk! Semoga saudara² kita mendapatkan faidah ilmu dari yang anda bagikan dan menjadi pembuka amal² kebaikan bagi anda yang telah menunjukkan kebaikan. آمِينَ.

1 komentar untuk "Hinanya Kesyirikan"

  1. Bismillah, Assalaamu'alaykum admin, minta tolong jelaskan. Macam2 bid'ah , Sebab Ana mantan Islam Jama'ah, Di IJ terdapat dua bid'ah sekaligus, jazakumullahukhair WA Barakallahufikum

    BalasHapus

Berkomentarlah dengan bijak