Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berhati-Hati Dalam Menulis Atau Berkomentar Di Medsos




Oleh Ustadz Berik Said hafidzhahullah

Dengarkan sya’ir Arab yang indah dan benar ini:

كتبتُ وقد أيقنت يوم كتابتي بأن يدي تفنى ويبقى كتابها فإن عملت خيراً ستجزى بمثله وإن عملت شراً علي حسابها

"Aku menulis dan aku yakin pada saat aku menulisnya, tanganku kan musnah, namun akan selalu kekal tulisannya. Andai tanganku menulis kebaikan maka akan dibalas dengan semisalnya, namun jika tanganku menulis kejelekan maka tinggal tunggu saja balasannya". https://twitter.com/7usaini/status/361165691178594305

Setiap kali kita hendak menulis atau berkomentar apapun, baik berupa status di facebook atau lainnya, terlebih urusan yang menyangkut agama/syari'at, apalagi menyangkut hal berat seperti aqidah dan manhaj, wajib ekstra hati-hati.

Jangan sampai status yang kita buat justru menjadi dosa jariyah bagi kita. Hendaklah sebelum berbicara, menulis, atau berkomentar, kita mengingat ayat berikut:

وَاِ نَّ عَلَيْكُمْ لَحٰـفِظِيْنَ ۙ  كِرَا مًا كَا تِبِيْنَ ۙ  يَعْلَمُوْنَ مَا تَفْعَلُوْنَ

"Dan sesungguhnya bagi kamu ada (malaikat-malaikat) yang mengawasi (pekerjaanmu), yang mulia (di sisi Allah) dan yang mencatat (perbuatanmu), mereka mengetahui apa yang kamu kerjakan". (QS. Al-Infitar: 10-12)

Imam Ahmad rahimahullah pernah merintih saat sakit. Lantas sampailah kepada beliau perkataan Imam Thawus rahimahullah:

يكتب الملك كل شيء حتى الأنين. فلم يئن أحمد حتى مات رحمه الله

"Malaikat akan mencatat segala sesuatu sampai pun keluh kesah ketika sakit. Sejak saat itulah Imam Ahmad rahimahullah tidak pernah berkeluh kesah ketika sakit sampai beliau rahimahullah wafat". (Tafsir Ibni Katsir VII:399)

Jika sekedar mengeluh saat sakit saja akan dicatat oleh para malakikat, maka bagaimanakah lagi jika itu berupa tulisan atau komentar yang terkait aqidah atau agama apalagi yang akan tersebar dan dibaca oleh orang lain dan bahkan mungkin di ikuti orang lain ? Karenanya, pastikan tulisan atau komentar kita, benar-benar harus selektif dan telah diuji dulu kelayakannya sebelum kita muat.

وبالله التوفيق وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم

______
Mau dapat Ilmu ?
Mari bergabung bersama GROUP MANHAJ SALAF

Telegram: http://t.me/Manhaj_salaf1
Youtube: http://youtube.com/ittibarasul1
Group WhatsApp: wa.me/62895383230460
Twitter: http://twitter.com/ittibarasul1
Web: dakwahmanhajsalaf.com
Instagram: http://Instagram.com/ittibarasul1
Facebook: http://fb.me/ittibarasul1

Share, yuk! Semoga saudara² kita mendapatkan faidah ilmu dari yang anda bagikan dan menjadi pembuka amal² kebaikan bagi anda yang telah menunjukkan kebaikan. آمِينَ.

Posting Komentar untuk "Berhati-Hati Dalam Menulis Atau Berkomentar Di Medsos"