Aqidah Al-Wasithiyah (Bagian 10)



Oleh Ustadz Abu Abd rahman bin Muhammad Suud Al Atsary hafidzhahullah

Imam Ahmad bin Abdul Halim bin Taimiyah rahimahullah melanjutkan (kami percepat beberapa ucapan beliau) sampai:

فلا عدول لأهل السنة و الجماعة عما جاء به المرسلون فإنه الصراط المستقيم ، صراط الذين انعم الله عليهم من البيين و الصديقين و الشهداء و الصالحين

"Maka tidak ada penyimpangan bagi Ahli Sunnah wal Jama'ah, dari apa yang dibawa para Rasul, karena hal itu adalah Shirathal Mustaqim, jalan orang yang diberi nikmat dari para Nabi, Siddiqin, Syuhada, dan Shalihin".


Syarah Singkat

العُدُولُ

Artinya الانصراف berpaling mungkin juga beralih dari kebenaran kepada batil atau الانحراف bermakna merubah ajaran boleh juga dimaknai menyeleweng.

Yakni Ahlus Sunnah yang sebenarnya tidak mungkin berpaling (ia mesti kokoh), inilah ittiba'. Kami taat dan dengar pada hukum dan kami mendengar dan membenarkan berita dari Rasul. Karena itulah, semudah-mudahnya ajaran adalah Ahlus Sunnah yang ikut tanpa adanya beban, hanya copy paste dari Salafnya, baik keyakinan, ibadah, tindakan, dan pembicaraan.

Mereka tidak berfikir keras seperti Ahli Bid'ah yang mengeluarkan tenaga mencari dalih pembenaran, saat diprotes amaliahnya baru terkejut dan buka-buka seribu buku untuk menopang rumah laba-labanya yang tersapu oleh badai hujjah Ahlus Sunnah, kemudian rumah itu berantakan.

Inilah yang dikatakan Ibnu Mas'ud radhiallahu 'anhu: "Ikutilah, jangan buat-buat, karena kalian telah dicukupkan dengan agama ini".

Dan kemudahan dalam ittiba' kepada Nabi, inilah jalan para Salaf kita yang jujur dan shalih. Mereka disibukkan dengan amal dan perbaikan hati, bukan disibukkan membangun benteng pendalihan amaliah mereka yang sesat dan tidak dibangun dengan hujjah yang shahih. Bila tidak ketemu, senjata mereka terakhir adalah kampanye hitam, tuduh sana sini.

Manusia lain (Ahlus Sunnah) beramal. Di seberang sana, ribut dan sibuk fitnah dan buka kitab-kitab, bila-bila ketemu pembenaran.

وبالله التوفيق وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم

🔰 @Manhaj_salaf1

•┈┈•••○○❁🌻💠🌻❁○○•••┈┈•

Mau dapat Ilmu ?
Mari bergabung bersama GROUP MANHAJ SALAF

📮 Telegram: http://t.me/Manhaj_salaf1
🎥 Youtube: http://youtube.com/ittibarasul1
📱 Group WhatsApp: wa.me/62895383230460
📧 Twitter: http://twitter.com/ittibarasul1
🌐 Web: dakwahmanhajsalaf.com
📷 Instagram: http://Instagram.com/ittibarasul1
🇫 Facebook: http://fb.me/ittibarasul1

Share, yuk! Semoga saudara² kita mendapatkan faidah ilmu dari yang anda bagikan dan menjadi pembuka amal² kebaikan bagi anda yang telah menunjukkan kebaikan. آمِينَ.

Belum ada Komentar untuk "Aqidah Al-Wasithiyah (Bagian 10)"

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel