Orang Tuaku Tidak Mengizinkan Mendatangi Majelis Ilmu




Oleh Ustadz Berik Said hafidzhahullah

Pengen mendatangi kajian untuk belajar Aqidah dan Manhaj Salaf, tetapi orang tua tidak mengizinkan, bahkan mereka membenci Manhaj Salaf. Bolehkah berangkat tanpa izin dari mereka ?

Saat membahas masalah ini, maka Lajnah Ad Da'imah memfatwakan:

 طلب العلم الذي يتو قف عليه صحق ايمانك واداء  الفر انض، لايتو قف علی انن الوالدين، وما كان من العلوم فرض كفايت فستا نن فيه الو الدين

"Mencari ilmu yang terkorelasi dengan sahnya keimananmu dan terpenuhinya kewajibanmu (seperti belajar Aqidah dan Manhaj Salaf -pent), maka hal ini tidak membutuhkan izin dari kedua orang tua. Adapun mencari ilmu yang hukumnya fardhu kifayah, maka hendaklah minta izin dulu pada kedua orang tua". (Fatwa Lajnah Ad Da'imah Xll:78 no. Fatwa 3816).

Syaikh Al 'Utsaimin rahimahullah bahkan menyatakan:

وام ادا علم كراهة الوالدين للعلم الشر عي فهولاء لا طاعة لهما، ولا ينبغي له ان يستا نن منهما ادا خرج: لان الحامل لهماكراهة العلم الشرعي

"Adapun bila diketahui bahwa orang tuanya membenci ilmu syar'i, maka tidak wajib lagi mentaati keduanya dan tidak sepatutnya sang anak meminta izin kepada kedua orang tuanya saat keluar hendak menuntut ilmu syar'i tersebut. Ini dikarenakan motivasi kedua orang tua menghalangi anak itu adalah bencinya terhadap ilmu syariat". (Fatwa Syaikh Al 'Utsaimin, Kitab Al-Ilmu hal.149).

وبالله التوفيق وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم

🔰 Manhaj_salaf1

•┈┈•••○○❁🌻💠🌻❁○○•••┈┈•

Mau dapat Ilmu ?
Mari bergabung bersama GROUP MANHAJ SALAF

📮 Telegram: http://t.me/Manhaj_salaf1
🎥 Youtube: http://youtube.com/ittibarasul1
📱 Group WhatsApp: wa.me/62895383230460
📧 Twitter: http://twitter.com/ittibarasul1
🌐 Web: dakwahmanhajsalaf.com
📷 Instagram: http://Instagram.com/ittibarasul1
🇫 Facebook: http://fb.me/ittibarasul1

Share, yuk! Semoga saudara² kita mendapatkan faidah ilmu dari yang anda bagikan dan menjadi pembuka amal² kebaikan bagi anda yang telah menunjukkan kebaikan. آمِينَ.

Belum ada Komentar untuk "Orang Tuaku Tidak Mengizinkan Mendatangi Majelis Ilmu"

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel